Perbaikan Jalan 196 Desa di Sragen Digelontor Rp 9,6 M

SragenNEWS – Pemkab Sragen akan menggelontorkan dana program percepatan pembangunan infrastruktur desa ke 196 desa dengan anggaran total Rp 9,6 miliar pada akhir tahun 2013 ini. Guna mencegah penyimpangan dana yang difokuskan untuk perbaikan jalan, talut, dan jembatan desa itu, tim verifikasi Pemkab akan memonitor setiap tahapan pengajuan dana.
Kepala Bagian Pemerintahan dan Pertanahan Setda Sragen, Suwandi mengatakan dana Rp 9,6 miliar itu merupakan alokasi di APBD Perubahan 2013. Masing-masing desa akan mendapat Rp 100 juta yang dipergunakan untuk mempercepat pembenahan infrastruktur desa, utamanya jalan dan talut. Nominal ini meningkat 100 persen dari tahun lalu yang masing-masing desa hanya Rp 50 juta.
Seluruh dana saat ini sudah disiapkan dan tinggal menunggu kelengkapan administrasi termasuk kesiapan rekening dari desa. Diperkirakan akhir November ini, dana sudah bisa cair. Mekanisme pencairannya akan melalui tiga tahapan. Tahap pertama 0 persen dicairkan Rp 30 juta, lalu tahap kedua ketika progres fisik proyek minimal sudah 50 persen dicairkan Rp 40 juta, dan tahap terakhir baru dicairkan Rp 30 juta terakhir atau 100 persen.
“Prioritasnya untuk perbaikan jalan desa. Pelaksanaannya biasanya dua minggu sudah selesai. Ini dana sudah siap tinggal nunggu rekening dari desa,” ujarnya di sela-sela sosialisasi pencairan dan pelaksanaan program tersebut di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa (12/11).
Kabid Perencanaan Teknik dan Tata Ruang DPU Sragen, Hutomo Ramelan menguraikan untuk memaksimalkan pelaksanaan program itu, Pemkab juga membentuk tim teknis dan supervisi dari DPU dan Bagian Pembangunan Setda. Tim ini yang akan melakukan monitoring dan pengecekan ke lokasi proyek di 196 desa guna melihat perkembangan pelaksanaan setiap tahapan. Selain mengecek kesesuaian, supervisi dilakukan untuk menghindari kemungkinan tindak penyimpangan di lapangan.
“Jadi sekecil apapun penyimpangan akan termonitor. Karena setiap tahapan selesai, kami akan cek ke lapangan langsung, kalau sesuai kita buatkan rekomendasi ke Bupati untuk pencairan tahap berikutnya. Tapi secara umum program tahun 2012 lalu semuanya juga beres. Bahkan, banyak yang over karena tambahan swadaya masyarakat. Misalnya, mestinya hanya dapat 600 meter akhirnya bisa jadi 1 kilometer,” terangnya.
Sementara, saat memberi arahan ke kepala desa dan camat, Bupati Agus Fatchur Rahman meminta agar amanah program untuk memperbaiki jalan itu dijalankan dengan baik dan dikerjakan dengan semangat gereget membangun Sukowati.

No comments:

Post a Comment