KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Pemilu 90%

SragenNEWS – KPU Sragen bertekad akan menekan angka golongan putih (Golput) serta memaksimalkan angka partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2014 hingga angka 90 persen. Sementara dari tahapan rekrutmen calon relawan yang akan membantu sosialisasi, Jumat (8/11), lima calon dipastikan gugur karena tidak hadir dalam seleksi.
Anggota Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Sragen, Dodok Sartono mengatakan angka 90 persen bukan hal yang mustahil apabila semua unsur ikut berpartisipasi memaksimalkan peran sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat.
“Apalagi ini nanti juga ada bantuan dari 25 relawan yang akan melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada komunitas masyarakat sasaran. Yang jelas, dengan dukungan semua elemen, baik partai politik, peserta pemilu, Caleg, dan semua pihak bahu membahu, saya rasa target 90 persen itu bisa tercapai,” paparnya, Jumat (8/11).
Menurut Dodok, angka partisipasi pemilih menjadi penting karena tingkat partisipasi masyarakat akan menunjukkan seberapa demokratis sebuah proses pemilu. Oleh karenanya, pihaknya berharap pemilu mendatang tidak hanya demokratis, tapi juga lebih berkualitas dalam arti masyarakat secara sadar memilih, bukan karena pertimbangan jangka pendek semata. “Jadi sosialisasi dan pendidikan pemilih itu juga untuk menyadarkan masyarakat. Sehingga mereka tidak lagi memilih hanya karena pertimbangan ganteng, cantik, uang, tapi benar-benar melihat kualitas dari sosok yang dipilih,” terangnya.
Terkait dengan target partisipasi pemilih, Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas menambahkan pihaknya sudah mengirimkan data terbaru by name by address Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sragen yang diunduh dari sistem informasi data pemilih (Sidalih) KPU pusat kepada Panwaslu dan Dispendukcapil. Untuk Dispendukcapil diharapkan data pemilih yang tidak disertai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) bisa diajukan agar diisi. Sedangkan kepada  Panwaslu diharapkan menjadi bahan data yang bisa dicermati, sehingga jika masih ada temuan data yang bermasalah dapat segera ditindaklanjuti.
Sementara, dari tahapan rekrutmen calon relawan KPU kemarin, dari total 37 yang dipanggil, lima di antaranya diketahui mangkir sehingga otomatis gugur. Sementara dari 32 yang diseleksi, nantinya akan dipilih 25 orang untuk menjadi relawan. Tugas relawan nantinya akan memaksimalkan sosialisasi terhadap lima sasaran komunitas yakni komunitas agama, perempuan, difabel, pinggiran, dan pemilih pemula.
Sumber : joglosemar.co

No comments:

Post a Comment